Skip navigation


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). STIS yang berdiri sejak 1958, kembali memanggil para pemuda dan pemudi Indonesia terbaik lulusan sekolah lanjutan tingkat atas yang memiliki motivasi tinggi untuk dididik menjadi ahli statistik.

=>Prospek Lulusan
Lulusan STIS langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan IIIa pada Badan Pusat Statistik dan ditempatkan di lingkungan BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/ Kota serta mampu melakukan kegiatan berbagai survey statistik di lapangan.

=>Syarat Pendaftaran
@ Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan bebas narkoba
@ Lulus SMA-IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA
@ Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7 pada rapor kelas XII semester I dan II
@ Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2009
@ Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan sampai dengan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
@ Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain
@ Bersedia mematuhi peraturan STIS
@ Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID)
@ Bersedia ditempatkan di BPS seluruh Indonesia di tingkat Kabupaten

=>Cara Pendaftaran
Apabila Persyaratan sudah Dipenuhi, maka tatacara mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Membayar biaya tes sebesar Rp. 225.000,- ke rekening giro :
Nama : Bendahara Penerima BPS
Nomor : 0132700434
Bank : BNI Cabang Pecenongan, Jakarta

Pada Keterangan/ remark tuliskan huruf kapital maksimal 40 huruf:
NAMA PENDAFTAR/STIS09
CONTOH: ROGER FEDERER/STIS09

2. Mendaftar ke panitia penerimaan mahasiswa baru di STIS atau kantor BPS Provinsi dengan menyerahkan dokumen pendaftaran:
a. Fotocopy Surat Tanda Kelulusan yang sudah dilegalisir (Bagi lulusan SLTA tahun 2009 yang belum menerima ijazah)
b. Fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy rapor kelas XII semester I dan II yang sudah dilegalisir, nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7.
d. Pas foto terbaru ukuran 4×6 berwarna sebanyak 2 lembar.
e. Memperlihatkan, untuk dicap, bukti pembayaran biaya tes dari BNI

3. Mengisi Formulir Pendaftaran

4. Menerima KARTU PESERTA TANDA UJIAN MASUK yang sudah ditempel Foto dan cap BPS provinsi atau STIS.

=>Tahapan Seleksi
Ada 3 tahapan seleksi dengan sistem gugur, yaitu:
1. Tahap I: Tes tertulis Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum. (25 Juli 2009)
2. Tahap II: Psikotes dan Wawancara. (18-21 Agustus 2009)
3. Tahap III: Tes Kesehatan (biaya ditanggung peserta). (1-3 September 2009)

=>Waktu Pendaftaran
@ SENIN – JUMAT (15 JUNI-17 JULI 2009) untuk pendaftar wilayah Jakarta dan sekitarnya.

@ SENIN – JUMAT (15 JUNI-10 JULI 2009) untuk pendaftar di luar wilayah Jakarta dan sekitarnya.

=> Tempat Pendaftaran
Jakarta:
STIS Jakarta
Jl. Otto Iskandardinata No. 64 C, Jakarta 13330
telp : (021) 8191437, 8508812 Fax : (021) 8197577

Luar Jakarta:
Kantor BPS Provinsi masing-masing

Note ::  Bila ada pertanyaan dapat langsung ke STIS, kantor BPS Provinsi atau kepada saya dengan meninggalkan comment atau melalui email saya orangnyakeren@gmail.com

Iklan

97 Comments

  1. Kak,blz ea 😀

  2. Kak, mau tanya. Tes tahap 3 yg kshatan apa cuma buat formalitas aja?

  3. calam mikooommmmmm,,,,

    bleh nanya gak ni ????

    kisi – kisi soal unt stis apa ya???

  4. tolong kirimin soal stis ya..mkasih

  5. kra2 untk tes mnat & bkat itu yg sperti apa?
    dan bgaimana?
    thx…

  6. Kak… Lam knl… Aq mo tanya.. Di STIS tu da asramany g’? trus klu da biayany brp?

    • gak ada dek,,,, disini mahasiswanya ngekos dan ngontrak dek….

  7. Hai…! apa kabar semau pegawai BPS…. kapan ya kira2 pendaftarab STIS?
    TERIMA KASIH BANYAK…
    saya tunggu kabarnya…

  8. iaa deh kag
    chaa tgguin

    chaa tnya agy dongg kag
    kn soal.nyaa mat english ma kmampuan umum
    ituu waktu ngerjain.nyaa sndiri.sndiri ato di gabung ?

    mkacii kk .

    • sendiri-sendiri dek….

  9. lam knal kk .

    kag ,
    chaa mw mnta tlg dong
    ksih cntoh soal stis
    bwat rfrensi chaa
    chaa pgen bgt msuk stis
    tlg krim ke e.mail chaa iah kag

    akucinta.kamu@ymail.com

    pliis kag
    chaa tggu iah kag
    mkacii .

    • emmm… tunggu tanggal 16 mei ya dek… kakak lagi di daerah,,, ada tugas,,,,

  10. kak mau tanya…
    klo dftar online bsa gk??
    tz klo bsa gmna cra’y??

  11. kaka…
    soal STIS tcu gmn aj?
    bykn logika p gmn?
    low ada contoh soalY krm k.emailQ y…plizzz

    zazaza_nheiz@yahoo.com

    makashi……

    • oke ntar saya kirim. tapi soalnya kayaknya masih jadul banget,…

  12. slam kenal kak.saya agutia. saya tinggal dimedan.rencana nanti setelah lulus sma saya ingin masuk stis.tapi saya enggak tau gimana contoh2 soal yg diujiankan stis.kira-kira dimana saya bs dapetin bukunya y kak?

    • adek bisa dapetin bukunya di BPS Provinsi SUMUT dek..

      Kantornya di depan perumahan Bumi Asih.. Dulu nama jalannya pondok kelapa.

  13. kk…lam knal…
    aku cuma mau doa’a biar bisa masuk STIS,
    karena aku rasa apa yg aku miliki itu pantes di STIS..
    trims

    • lam kenal juga… ia… kakak doain semoga kamu masuk STIS juga ya….

  14. hadu… ini koq 2009?

  15. kak, doain yo… moga aku bisa masuk stis. amin… biasanya soal di kumpulan soal stis banyak yang keluar ga? hehehe

  16. Asaalamualaikum.
    saya arbi dari sumsel ! ada nggak sih tempat bimbel stis ! di balas ya kak…!!

    • waalaikum salam…

      kalo tempat bimbel STIS saya tidak tahu ada dimana dek,,,

  17. mao nanya nih, kk.
    kalo pnilaian ditest tertulis STIS itw pakeg system minus iyaa???
    tquuu..

    • yupz dek.. benar sekali..

  18. Ass.
    Slam kenal Kak
    Mau Nanya Kapan YAh buku Soal-soal USM STIS tahun 2010 terbit ???? coz aku rasanya dah kepingin punya tapi nda tau Belinya di mana

    • wasw… salam kenal juga dek…

      Insya Allah satu bulan lagi terbit… pembeliannya biasanya di STIS dan Kantor BPS Provinsi…
      Tapi rencananya tahun ini, saya akan membuka penjualan Buku Soal2 USM STIS 2010 secara online karena berhubung pendaftarannya juga online…

  19. mbak, ada soal pmb stis 2009 ndak ??. kalau ada tolong kirim ke e-mail saya

  20. maksudnya penilaian tu diperingkat permata pelajaran atau rata-rata ketiga mata pljran kak??

    • nilai di setiap mata pelajaran itu dek….

  21. salam kenal kak,,,,aku mau nanya nihh

    kalo tes kesehatan itu maksud na apa yaa?????
    kalo tes kesehatan itu kita sendiri yang tes dirumah sakit yaa???

    • salam kenal juga..

      tes kesehatan itu berupa pemeriksaan kondisi badan kita oleh dokter di rumah sakit tentara atau polri..

      peserta sendiri yang dateng ke rumah sakit rujukan BPS provinsi dengan membawa surat pengantar dari BPS provinsi tempat anda mendaftar setelah anda lulus tes tahap satu dan dua…

  22. slam. .
    ka.tolong kasih tahu yua kapan pendaftaran stis di buka. .soal akku pengen masuk banget ke stis. .terus kalo nilai rappor semester 1 slah satunya kurang dari 7 dan pas semesyet 2 niolanya memenuhi. .gimana tuh?tlong di jawab. .

    • wasalam…. ia… saya akan update terus informasi tentang pendaftaran STIS… syarat nya kan udah jelas… nilai rapor semester 1 dan 2 kelas 12 minimal 70 untuk matematika dan bahasa inggris….

  23. .klo tamatan 2009 msih bsa ikt kn ??!

    .nilai yg d liad cm dr rapot kls XII aja iah ??
    cm melampirkan legalisir rapot .

    • masih dek…

      kalo untuk tamtan 2009… bawa legalisir rapor ama legalisir ijazah nya juga… jangan lupa bawa yang asli untuk diperlihatkan….

  24. aduh..syang bgt.
    Nilai mate saya dri klas X sllu di atas 75..
    tpi klas XII sem 1 kmrn 69 tuh…
    gad peluang lgi yah??

    • syarat nya memang harus begitu dek… minimal 70…

  25. Kak, soal Pnget. Umum th 2009 kmarin kok jauh bgt si dri soal th2 sbelumnya.. klo g’slah hampir 80% tu plajaran PKn.. mungkin g’soal th 2010 ni kek gtu lgi??

    trus akumulasi nilai tes tu dri stiap mta plajaran yg diuji apa gmna kak??

    makasih..

    • kalo soal 2010 kakak gak bisa kasih jawaban pasti…

      dan soal penilaian itu kan udah diberi tahu..

      benar = 3

      kosong = 0

      salah = -1

  26. kapan pendaftaran STIS tahun 2010 dibuka..klu uda dibuka tlg krm lwt email aku ya..

    terima kasih.

    • sekitar bulan 7 udah dibuka biasanya… tetap update informasi di blog kakak ya…

  27. pendaftaran STIS kapan ea…..??? ntar dikabarin ea ka’……thanks

    • yupz…..

  28. ass, kak masuk STIS i2 susah banget yaaaaaaaa????????

    • asal punya niat dan kemampuan… semuanya bisa dimudahkan oleh sang Pencipta dek…

  29. Kak, STIS tu cuma di jakarta y ?? ga ada yg laen t??

    • ia… cuma di jakarta aja kampusnya…

  30. ka tlong kbarin ya,,, pndftaran STIS 2010 kpn,,,,

    trus nyari bku kmpulan soal2 STIS itu dmn y???

    kuq yg q sering temuin mlah USM STAN???

    trus tes wawancara twuh ngaruh bgd ga untuk msuk STIS?

    • oke… kumpulan soal2 usm stis tersedia ketika pendaftaran telah dibuka…. di BPS propinsi masing-masing…

      itu tes tahap kedua dek.. fokus utama ya tes tahap pertama dulu…

  31. bang,
    Pendaftaran STIS-BPS 2010 kapan???

    • belum ada pengumuman resmi dari STIS… namun biasanya dari tahun ke tahun gak beda-beda jauh…

      kalo ada informasi baru.. akan saya update lagi…

  32. pendaftaran statistika di yogyakarta dmn???/
    mksh…

    • ada di BPS Prop Yogyakarta

      Jl. Ring Road Selatan, Taman Tirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

  33. k’ mau tnya nih…

    klo pendaftaran stis buat tahun ajran 2010 / 2011 kpn?

    trus, biaya pendaftaranya kira – kira berapa?

    sama atw gak kyak tahun kmrin ?

    • sampai sekrang belum ada pengumuman resmi..

      namun bisa dipastikan hampir sama dengan tahun2 sebelumnya….

  34. mas tanya dunk .

    misal nilai rapor b.inggris n mtk’a kurang dr 7 msh isa msk stis ?

    tinggi badan pengaruh gk ?

    tolong d jawab .

    Thx !

    • kalo nilai rapor kurang dari tujuh untuk nilai b.inggris dan matematika, kamu ga bisa mendaftar sebagai peserta ujian masuk STIS

      Tinggi badan gak berpengaruh sama sekali…

  35. temen, untuk yang sekarang mau berniat ikut pendaftaran STIS tahun 2010/2011.
    persiapkan diri anda dengan belajar sebanyak mungkin untuk mata kuliah matematika, bahasa inggris dan pengetahuan umum.

    kabar terbaru dari..

    jumlah mahasiswa yang akan diterima, jumlahnya akan ditambah lagi dari tahun ini yang berjumlah 300-an orang…

  36. salam kenal mas……….. aku mau nanya, kira-kira soal STIS tahun 2010/2011 ada miripnya ngak sama soal tahun 2009/2010???

    • kalo dibilang mirip ya cuma poko bahasannya aja….

      tapi yang penting untuk diketahui…

      soal-soal STIS itu adalh pelajaran SMA yang kurikulum terbaru.. so, diperajin ya belajarnya,,,,

  37. mau nanya ni kak………..
    kemarin waktu kami sedang ujian tahap satu, pengawas nya cerita2, katanya tahun ini Stis hanya menerima 220 orang seluruh Indonesia..
    memang benar ya kak?

  38. biasanya tes keshatan biayanya brapa? & yang diperiksa apa aja??

  39. Biasanya yang lulus tahap 2 berapa orng??.. trims

    • itu tergantung kebijakan kampus.. tapi untuk seluruh indonesia sekitar 300-500 orang ditambah dengan lulus cadangan…

  40. biasanya yang lulus tahap 2 berapa orng?? trims..

  41. Kak, klo tes wawancara stis biasanya dtanya apa? Kira2 selesai berapa menit? Trimz..

    • visi dan misi kamu ketika masuk stis dan loyalitas kamu kalo masuk stis, terus ya tergantung si pewawancaranya..

      sekita setengah sampai satu jam…

  42. kira2 waktu ujian untuk psikotes berapa menit???

    • ada beberapa tahap ujian psikotes,.,.. kalo kamu udah pernah ikut psikotes, ya tidak jauh dari itu tes psikotes biasanya….

  43. kalau jumlah yang diterima di stis tahun sekarang berapa jumlahnya??? dan khususnya untuk daerah jawa barat???

    • tahun ini ada sekitar 300 orang.. kalo untuk jawa barat, saya tidak bisa memastikan jumlahnya.. karena penerimaan bersifat nasional…

  44. spa sich yang buat soal dan kuci jawaban kumpulan soal stis,dan kenapa di setiap tahun soalnya ada yang tidak ada jawabannya?

    • yang buat buku kumpulan soal adalah mahasiswa yang disini dibuat oleh anggota koperasi mahasiswa STIS..

  45. mau tanya neh…
    untuk medan, brp jlh siswa yg di terima di stis?

    • untuk medan, saya gak bisa menyebutkan jumlah yang pasti.. tapi dari tahum ke tahun… jumlah anak SUMUT yang masuk STIS itu berkisar antara 10-20 orang….

  46. pendaftaran stis tinggal sebentar lagi..

    buruan daftar bagi yang belum..

    siapkan diri bagi yang telah mendaftar..

    SEMANGAT…

    • pendaftaran stis tinggal satu hari lagi di STIS Jakarta… hari Jumat tanggal 17 Juli adalah hari terakhir.

  47. untuk pendaftaran Prov. lampung dimana dan kapan, Trim

    • pendaftaran di Lampung itu ada di Kantor BPS Prov Lampung di Bandar Lampung, Jl. Basuki Rahmat No.54 Teluk betung Bandar lampung 35215, telp (0721) 482909/484329.
      pendaftaran berakhir tanggal 10 Juli 2009 untuk di kantor BPS Provinsi dan 17 Juli untuk di STIS Jakarta.

  48. o iya buat temen2 semua.. jumlah mahasiswa yang diterima di STIS pada tahun ini tidak jauh berbeda jumlahnya dari tahun sebelumnya…. sekitar 300-an orang..

  49. ini gak ada uang kuliahnya ya k’??ky stan..

    • iya… di STIS ini, kamu hanya membayar uang sebesar Rp.2.500.000 ketika kamu dinyatakan lulus ketiga tahap seleksi dan mendaftar ulang di STIS…

      uang tersebut digunakan untuk pembelian seragam, biaya orientasi mahasiswa dan outbond di Lido, Sukabumi..

      setelah itu, sampai kamu selesai, tidak akan dipungut biaya2 laen.. malah tiap bulannya kamu mendapat uang ikatan dinas yang besarnya lumayan untuk menutupi uang jajan kamu..(-:.. dan uang ID ini juga biasanya dirapel…

  50. salam kenal mas.. sya mau tnya mas.. biasanya thun kmrin pserta yg mndaftar brpa org dan yg di terima brp.. klu sya mndaftar di kantor bps lenteng agung bisa ga ya..

    • buat ilham.. jumlah pendaftar tahun lalu itu mencapai 12ribuan orang… yang diterima sekitar 300 orang… mendaftar di jakarta hanya di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik… Jl. Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta Timur.

  51. kalo nilai b.inggris yg praktek 6 trus yg tertulis nya 7,5 boleh g??
    tp cm 1 smester..

    • buat lia.. nilai bahasa inggris, matematika itu harus minimal 7 untuk dua semester di kelas 12.

  52. pendaftaran statistika dimedan alamatnya dimana?

    • di BPS Provinsi Sumut, jalan Asrama. No. 179. Depan perumahan Bumi Asih… dekat dengan wisma PHI medan..
      ini no telpon BPS Provinsi Sumut (061)8452343

  53. ow yaa kak,,
    sy di luar Jakarta,,tas nya di mana kak ??

    • buat rina… di tempat yang ditentukan oleh kantor BPS Provinsi masing2… yang jelas masih di Ibukota Provinsi anda…

  54. Haiii….mau tanya, apa soal2 untuk masuk STIS sejenis soal2 STAN ???
    tolong di jawab iiaa,,trimakasiih

    • soalnya saya rasa berbeda… di soal STIS, semua soalnya bersifat eksak… tidak sperti soal STAN yang lebih banyak logikanya….
      karena menurut saya, di soal STAN itu mencakup tes psikotes… sedangkan di STIS itu, tesnya ada sendiri khusus psikotes…

  55. tolong dikirimkan formulir pendaftarannya yg lewat internet,,,,,trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: